Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pasar Uang: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Instrumen dan Pelaku

Tahukah Kamu bahwa selain pasar konvensional yang memperjualbelikan barang, ada juga pasar, yang justru menggunakan instrumen uang sebagai produk utama yang ditransaksikan. Ya, pasar uang. Tapi, pasar uang ini tidak sekedar menjual uang, dan membeli uang saja ya.

Ada konsep yang lebih kompleks daripada sekedar jual beli uang. Lalu, apa pengertian pasar uang? Mari kita simak penjelasannya berikut ini, sekaligus ciri-ciri, fungsi, instrumen hingga pelaku pasar uang.

Pengertian pasar uang

Pengertian pasar uang (money market) adalah pasar abstrak yang terdiri dari permintaan-permintaan serta penawaran-penawaran terhadap dana atau surat berharga, yang dilakukan untuk jangka waktu kurang dari satu tahun, dengan melalui lembaga-lembaga perbankan.

Pasar uang ini merupakan pasar abstrak karena tidak ada barang atau jasa yang ditransaksikan secara kasat mata. Pasar uang ini berbeda dengan pasar abstrak lain, seperti pasar modal.

Pengertian pasar uang secara sederhana juga bisa dipahami sebagai pertemuan yang terjadi dalam pasar abstrak untuk memperoleh demand dan supply dana pada jangka pendek, atau tempat jual-beli instrumen kredit jangka pendek (kurang dari satu tahun). Jangka waktu ini juga merupakan salah satu pembeda dari pasar modal, yang waktunya lebih dari satu tahun atau jangka panjang.

Namun, ada juga persamaam dari pasar uang dan pasar modal, yang sama-sama dianggap dapat memberikan keuntungan besar bagi dunia usaha, yakni untuk mendukung para pengusaha memperoleh dana untuk pengembangan usahanya.

Meski demikian, tetap saja ada risiko yang biasanya diwaspadai oleh pelaku pasar uang, yakni karena komoditasnya yang abstrak dan harga cenderung tidak stabil.


Ciri – Ciri Pasar Uang

Untuk membedakannya dengan jenis pasar lainnya, seperti pasar modal, kita perlu memahami ciri-ciri pasar uang, seperti berikut:

  1. Menekankan pada pemenuhan dana dalam jangka pendek (kurang dari satu tahun).
  2. Mekanisme pasar uang ditekankan untuk mempertemukan pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana.
  3. Tidak terikat pada tempat tertentu seperti pasar modal.

Pelaku Pasar Uang

Untuk bisa berjalan, di dalam pasar uang membutuhkan pihak-pihak yang bertransaksi. Adapun dua pihak utama dalam pasar uang adalah pemberi dana atau lender dengan calon konsumen. 

Melalui pasar abstrak berupa pasar uang, pihak-pihak ini dapat melakukan pertemuan untuk transaksi. Pertemuan bisa dilakukan secara langsung, bisa juga dengan perantara atau broker.

Tapi, secara lebih rinci, pelaku pasar uang juga bisa dilihat dari kelompok masyarakatnya. Jika dilihat dari sumber dana pasar uang dapat berasal dari :

  • masyarakat,
  • BUMN,
  • bank pemerintah/ swasta,
  • perusahaan,
  • lembaga keuangan bukan bank.

Sedangkan pelaku pasar uang, secara umum dapat terdiri dari :

  • Yayasan
  • Dana pensiun
  • Perusahaan asuransi
  • Perusahaan-perusahaan besar
  • Lembaga pemerintah
  • Lembaga keuangan lain
  • Individu masyarakat

Fungsi Pasar Uang

Pasar uang muncul dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha dalam hal pendanaan secara cepat atau untuk dalam jangka pendek. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa fungsi pasar uang, berupa:

  • Fasilitator dan Mediator, yakni guna mempermudah masyarakat mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan modal kerja atau keperluan lain, yang sifatnya dalam jangka pendek.
  • Menghimpun dana dari masyarakat, yakni untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang ingin berkontribusi pada pembangunan, yang dapat dilakukan dengan membeli instrumen surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
  • menawarkan investasi pada masyarakat, sekaligus menunjang program pemerataan pendapatan masyarakat.

Instrumen Pasar Uang

Ada beberapa jenis atau instrumen pasar uang atau berupa jenis-jenis yang diperdagangkan dalam transaksi pasar uang. Berikut adalah beberapa instrumen pasar uang :

1# SBPU (Surat Berharga Pasar Uang)

SBPU adalah jenis surat berharga yangdiperdagangkan melalui diskonto dengan Bank Indonesia, dan dapat juga denganlembaga keuangan lain yang telah ditunjuk Bank Indonesia.

2# SBI (Sertifikat Bank Indonesia)

SBI adalah jenis surat berharga yangberbentuk hutang dalam dalam jangka pendek, dikeluarkan oleh pemerintah.

3# Promissory Notes

Promissory Notes adalah jenis suratpernyataan yang didalamnya menunjukkan pernyataan kesanggupan membayartransaksi utang piutang untuk jangka waktu yang pendek, yang dilakukan debiturdan kreditur.

4# Deposito

Deposito adalah instrumen keuangan yangdikeluarkan bank yang didasarkan pada simpanan nasabah, dan ditentukan periodetertentu untuk masa jatuh tempo. Adapun penentuan tingkat suku bunga tertentujuga ditentukan.

5# Treasurry Bills

Treasurry Bills adalah instrumen pasaruang yang dikeluarkan Negara untuk durasi waktu kurang dari satu tahun.

6# Commercial paper

Adalah instrumen hutang yang dikeluarkanperusahaan yang ditujukan untuk pihak investor,tanpa menggunakan jaminan(collateral) yang digunakan dalam pembiayaan kewajiban jangka pendek.

7# Call money

Adalah suatu instrumen pasar uang untukkegiatan-kegiatan terkait transaksi pinjam meminjam dana di antara pihak bankdalam jangka waktu pendek.

8# Banker’s acceptance

Adalah suatu instrumen pasar uang yangdigunakan dalam kegiatan-kegiatan impor dan ekspor barang, atau pada transaksivalas (valuta asing).

Beda Pasar Uang dan Pasar Modal

Pasar uang dan pasar modal sama-sama pasar abstrak. Tapi keduanya pada dasarnya berbeda. Tidak sedikit orang yang bingung membedakan pasar uang dan pasar modal. 

Ada perbedaan mendasar pasar uang dan pasar modal, yakni pada jangka waktunya. Pasar uang memiliki jangka waktu pendek, sementara pasar modalmemiliki periode jangka panjang. Selain itu, adalah perbedaan otorisasinya. Pasar uang diotorisasi oleh Bank Indonesia, sedangkan pasar modal otorisasinya berada langsung di bawah OJK.

Referensi :

  • Cermati. 2017. Pengertian, Fungsi, dan Instrumen Pasar Uang. Diakses dari https://economy.okezone.com/read/2017/06/09/320/1711872/pengertian-fungsi-dan-instrumen-pasar-uang
  • Ramadhani, Niko. 2020. Apa Itu Pasar Uang? Apa Bedanya dengan Pasar Modal? Diakses dari https://www.akseleran.co.id/blog/pasar-uang-dan-pasar-modal/
  • Ratri, Carolina. 2019. 4 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal yang Paling Mendasar. Diakses dari https://diskartes.com/2019/08/perbedaan-pasar-uang-dan-pasar-modal/
  • Sahamok. 2020. Pasar Uang (Pengertian, Fungsi, Jenis, Pelaku). Diakses dari https://www.sahamok.com/pasar-uang