Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Survey Online?

Suatu perusahaan tentu ingin selalu bergerak lebih maju. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah melalui riset dan pengembangan. Riset dan pengembangan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti misalnya dengan metode survey. Tata cara survey pun kini semakin berkembang dengan cara-cara modern. Salah satu yang kini populer di era digital adalah metode survey online. 

Apa itu Survey Online?

Pengertian survey

Pengertian survey merupakan metode yang digunakan dalam rangka menjalankan penelitian sosial, dengan tujuan mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan angket atau kuesioner. Tujuan survey adalah untuk memperoleh data dan gambaran mengenai suatu hal tertentu.

Tujuan survey ini bisa bermacam-macam, misalnya untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk XYZ, untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap desain kemasan produk, atau untuk mengetahui harapan konsumen terhadap suatu produk.

Survey menjadi hal penting bagi dunia usaha. Suatu perusahaan akan mampu berkembang menjadi lebih baik dengan riset dan pengembangan melalui survey. Sebab, perusahaan akan memiliki gambaran terkait keinginan pasar. Oleh karena itu, banyak perusahaan akan berupaya agar bisa melakukan survey secara rutin. 

Survey Online

Survey membutuhkan data dari responden. Data ini adalah hal penting untuk bisa diolah dari survey. Untuk memperoleh data, bisa digunakan angket atau kuisioner. Angket atau kuisoner ini daopat didistribusikan langsung kepada para responden. 

Hanya saja, perkembangan teknologi kini semakin memudahkan proses pengumpulan data dari para responen, yakni dengan memanfaatkan metode online, sehingga memunculkan metode survey online.

Apa itu survey online? Pengertian survey online adalah metode survey yang dilakukan dengan memanfaatkan media online untuk mengumpulkan data dari para responden, dengan mendistribusikan angket atau kuisioner melalui media online.

Dalam survey online, proses komunikasi hingga pengisian serta pengembalian angket dilakukan secara online. Survey online bisa dilakukan dengan cara-cara yang praktis, baik bagi pelaksana maupun bagi responden.

Metode survey online dilakukan dengan modal teknologi digital serta akses internet. Dengan akses tersebut, kita dapat menjangkau responden dalam jumlah besar dan dalam wilayah yang luas serta beragam, sekaligus dalam waktu yang lebih singkat.

Metode survey online memberikan peluang yang lebih mudah bagi perusahaan untuk semakin memahami konsumen dan melakukan riset dan pengembangan perusahaannya. 

Kini, survey online sekaligus juga bermanfaat bagi khalayak ramai atau bagi para netizen. Sebab, orang-orang yang mengikuti survey online memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan uang. 

Mengapa survey online bisa membayar Anda?

Mengikuti survey online bisa menghasilkan uang. Pernahkah Anda tahu hal tersebut? Kini, banyak orang yang berbondong-bondong mengikuti survey online, demi bisa menghasilkan rupiah atau bahkan dollar. Kenapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana survey online bisa membayar kita?

Survey online bisa menghasilkan uang bagi yang mengisi survey, karena dana tersebut berasal dari si perusahaan yang melakukan survey. Bagi perusahaan, data survey adalah hal penting dan mereka rela membayar demi data tersebut, dengan tujuan pengembangan perusahaan serta berujung pada optimalisasi laba. 

Perusahaan membutuhkan pendapat konsumen agar bisa mengembangkan produk, layanan atau usahanya, terutama dari para target pasarnya. Kebutuhan inilah, yang membuat perusahaan bersedia membayar pihak ketiga agar dapat memperoleh data survey pelanggan. 

Pihak ketiga ini biasanya adalah perusahaan yang khusus menjalankan kegiatan survey. Mereka akan menyediakan layanan situs online atau media guna melaksanakan survei, dan juga mengumpulkan para responden yang bersedia mengisi kuisioner atau angket yang diberikan.

Dari para penyedia survey online inilah, kita bisa mendapatkan uang sebagai kontributor atau responden. Kita tinggal mengisi kebutuhan survey klien mereka, lalu kita akan mendapatkan bayaran karena mengisi survey tersebut. 

Penawaran sejumlah uang ini sengaja diberikan agar lebih menarik minat para responden, sehingga banyak responden mengisi survey sesuai kebutuhan pelanggan.

Kontributor survey online inilah yang bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang yang menarik untuk dinikmati. Tertarik untuk mendapatkan uang dari survey online? 

Referensi:

  • Damasha, Kyla. 2019. Survey Berbayar untuk Mendapatkan Uang Tambahan? Gampang Banget! Diakses dari https://www.cekaja.com/info/survey-berbayar-untuk-mendapatkan-uang-tambahan-gampang-banget/
  • Noviyanto. Tt. Cara Memanfaatkan Jasa Survey Online Untuk Pengembangan Bisnis. Diakses dari https://koinworks.com/blog/memanfaatkan-jasa-survey-online/
  • Sosiologis. 2018. Metode Survey: Pengertian & Proses Penelitiannya. Diakses dari http://sosiologis.com/metode-survey